Artikel

Tips Jitu Cara Memilih Foglamp

Foglamp atau lampu kabut memiliki peran penting kala berkendara di saat hujan lebat ataupun cuaca berkabut. Pancaran sinarnya dinilai sangat membantu visibilitas pengemudi sehingga mampu meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Dalam penggunaan lampu kabut, disarankan gunakan bohlam jenis halogen ataupun LED yang memberikan cahaya berwarna kuning.

“Alasannya, karena cahaya warna kuning bisa menembus kabut dan hujan. Idealnya cahaya warna ini pada 3.000 Kelvin,” terang Managing Director PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) Hendry Lo dalam keterangan resminya.

Disebutkan, lampu jenis halogen memiliki daya tembus yang lebih kuat dan berbiaya rendah. Sementara pilihan jenis LED (Light Emitting Diode) menghadirkan kecerahan tinggi dan hemat energi.

Secara teoritis usia foglamp jenis halogen bisa mencapai 350 jam, sementara tipe LED bisa lebih dari 500 jam.

Umumnya foglamp terletak di bagian depan mobil. Namun beberapa kendaraan terbaru yang belakangan beredar telah dilengkapi foglamp belakang.

Fungsinya pun cukup penting, karena ketika diaktifkan pada saat kondisi hujan dan berkabut, foglamp pada buritan mobil berguna memberi sinyal pada pengemudi belakang.

Hendry menyebutkan, dalam memilih lampu kabut ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

“Pertama, pilih kualitas terbaik. Seperti yang sudah mendapatkan sertifikat ISO dan E-mark. Pilih foglamp yang mudah dipasang dan hadir dalam set komplet dengan kabel, baut, switch dan relay,” katanya.

Selain itu, pilih foglamp yang waterproof, untuk menjamin agar air tidak masuk ke foglamp. Bahkan beberapa foglamp telah dilengkapi fitur reflector yang bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga penerangan yang dihasilkan dalam lebih optimal.

Sekadar informasi, Lowin merupakan distributor foglamp bermerek DLAA yang produknya bisa diaplikasikan pada mobil-mobil yang umum beredar di Indonesia.

“Kami memiliki dua varian foglamp. Pilihan pertama yang bersifat universal, sehingga bisa diaplikasi oleh mobil-mobil passenger car di Tanah Air. Dan opsi kedua yaitu foglamp replacement yang memiliki bentuk dan desain seperti foglamp standar mobil bawaan pabrik,” tutup Hendry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *