Artikel, Brand

Mengukur Seberapa Pentingnya Penggunaan Lampu Kabut Pada Mobil.

Lampu utama (Headlamp) ketika berkendara di malam hari sudah tentu menjadi sebuah keharusan bagi seluruh pengendara mobil. Untuk itu, tak sedikit para pemilik mobil pribadi memodifikasi lampu mereka untuk meningkatkan penerangan dimalam hari.

Lampu pada sebuah mobil biasanya terbagi menjadi dua yaitu head lamp atau lampu utama, dan fog lamp atau lampu kabut. fog lamp atau lampu kabut berbeda dengan head lamp atau lampu utama. Biasanya sebuah fog lamp atau lampu kabut memiliki ukuran sedikit lebih kecil dibandingkan dengan lampu utama atau head lamp. Fog lamp atau lampu kabut tersebut umumnya disematkan dibagian bemper bagian bawah. Lampu kabut atau fog lamp tersebut sejatinya memiliki peran ketika kita sedang berkendara didaerah dataran tinggi yang seringkali kerap diselimuti kabut.

Baca Juga : Tips Jitu Cara Memilih Foglamp

Fog lamp atau lampu kabut itu sendiri merupakan aksesori pada sebuah mobil kebanyakan ditawarkan oleh para pabrikan ketika kita membeli mobil baru. Namun terdapat juga pabrikan mobil yang tak menyematkan fog lamp atau lampu kabut pada mobil yang mereka jual. Biasanya untuk mobil yang belum dilengkapi dengan lampu kabut, para pemilik mobil harus menambahkan sendiri aksesori tersebut untuk menambahkan penerangan ketika berkendara dimalam hari terutama ketika jalanan diselimuti kabut.

Ternyata lampu pada sebuah fog lamp atau lampu kabut itu Terdapat batasannya loh Bro! Ya, untuk sebuah fog lamp sebaiknya menggunakan lampu Jenis Halogen yang berwarna kekuningan atau warna standar lampu mobil. Mengapa warna kekuningan atau warna standar bukan putih? Pada dasarnya, lampu berwarna kekuningan atau lampu standar mobil mampu menembus kabut. Lain halnya dengan lampu berwarna putih polos, tidak mampu memberikan penerangan cukup baik ketika jalanan berkabut atau sedang hujan lebat.

Tapi tunggu dulu! fog lamp ternyata punya fungsi lain, diluar manfaatnya untuk membantu penglihatan pada jalanan cukup berkabut. Fog lamp dapat meningkatkan penerangan pada pengendara di malam hari sekalipun tidak terdapat kabut. Artinya, lampu ini bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan bersama lampu utama. Fog lamp ditempatkan di bagian bawah muka mobil, biasanya di bemper. Sehingga meskipun memiliki intensitas cahaya cukup relatif tinggi, tidak Akan mengganggu pandangan pengendara lain jika datang arah depan. Nah, Ini pastinya menjadi opsi cukup lebih bijaksana daripada menggunakan lampu sorot menyilaukan yang tidak semestinya, atau mengganti bohlam lampu depan dengan spesifikasi jauh lebih tinggi wattnya kan?

Baca Juga : Produk Lowin Ramaikan Pasar Aksesori After Market Otomotif di Tanah Air

Selain menunjang fungsi komponen lain, lampu kabut juga dapat membuat tampilan muka mobil anda lebih yahud! Setidaknya daripada anda membiarkan slot untuk fog lamp di bemper kosong. Umumnya varian mobil pribadi yang aslinya memang tidak dilengkapi fog lamp biasanya menyediakan slot tempat lampu fog lamp, sehingga pemilik dapat memasang fog lamp sebagai aksesori tambahan tanpa harus melakukan modifikasi bemper. Sebagian pengendara bahkan mengganti fog lamp dengan harga lebih mahal atau menambahkan garnish fog lamp untuk membuat mengubah tampang mobilnya menjadi berbeda. Keren kan?

Bagaimana, tertarik menambahkan fog lamp pada mobil anda? Di pasar, terdapat berbagai pilihan lampu kabut purna jual. Beberapa produk buatan negeri tirai bambu dibanderol antara 400 ribuan-600 ribuan sepasang. Sedangkan untuk fog lamp buatan Taiwan, dibanderol harga sekitar 700 ribuan-Satu jutaan juta per pasangnya. Harga yang dipatok pastinya tergantung pada jenis mobil. Tapi sangat jelas, aksesoris ini bukan sekedar komponen tanpa guna kan? Fungsinya Akan menjadi alasan keamanan menjadi lebih penting untuk menyematkan fog lamp pada kendaraan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *