Artikel

Headlamp dan Foglamp, Kenali Perbedaan Keduanya.

Headlamp dan foglamp

Headlamp dan Foglamp, Kenalan Yuk Dengan 2 Jenis Lampu Yang Cukup Sering Digunakan Kendaraan Kita.

Terdapat beberapa jenis lampu. Dua di antaranya adalah headlamp dan foglamp yang punya fungsi yang berbeda. Apa perbedaan keduanya?

Headlamp adalah lampu utama penerang jalan. Dalam perkembangannya, komponen ini terus mengalami kemajuan. Saat ini, lampu utama telah menggunakan teknologi multireflektor yang membuat cahaya lebih terang.

Pada beberapa mobil keluaran baru, headlamp juga telah dilengkapi dengan proyektor. Ini membuat sorotan cahaya tertahan dan tidak menyorot langsung ke jalan sehingga dapat mudah dilihat pengemudi lain dari arah berlawanan.

Baca juga : Perbedaan Antara Headlamp & Foglamp

Selain headlamp, penerangan juga dibantu dengan lampu lain, yaitu foglamp atau lampu kabut. Posisi lampu ini biasanya ada di bawah headlamp. Lampu ini baru populer dalam satu dekade ke belakang.

Foglamp pada mulanya berfungsi memecah kabut karena intensitasnya lebih kuat dibanding headlamp.Saat ini, foglamp juga mampu menembus jalan yang bercuaca ekstrem seperti saat kabut tebal, gelap, hujan deras.

Warna foglamp yang paling cocok adalah kuning. Sebab, warna kuning adalah warna yang paling mampu menembus kabut.

Dengan fungsi demikian, foglamp sebetulnya sangat dibutuhkan pada mobil-mobil tertentu. Misalnya yang diperuntukkan bagi mobil yang punya karakter penjelajah seperti Sport Utility Vehicle (SUV).

Baca Juga : Waktu Yang Baik Menggunakan Foglamp

Belakangan fungsi foglamp sendiri cukup krusial. Selain sebagai penambah visibilitas juga di anggap sebagai aksesoris mobil karena tidak semua kendaraan menggunakannya. Belakangan ini ada berbagai macam foglamp yang beredar di pasaran dengan model Led, Hid, atau bohlam saja.

Varian Headlamp dan Foglamp

Varian yang di tawarkan juga cukup beragam. Foglamp yang berasal dari negara Tirai Bambu atau Tiongkok biasa di banderol kisaran 300 ribu – 500 ribu. Berbeda dengan foglamp keluaran Negara Taiwan yang di banderol di kisaran harga 500 ribu-700 ribu.

Penggunaan Foglamp yang tidak tepat dapat mengganggu visibilitas pengendara di arah yang berlawanan. Karena masih banyak ditemukan pengendara yang menyalakan foglamp ketika cuaca sedang baik tanpa hujan maupun kabut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *